Wednesday, September 25, 2013

Honda Mobilio Siap Masuki Pasar Mobil LMPV Indonesia

Berita otomotif: Honda Mobilio Siap Masuki Pasar Mobil LMPV Indonesia. Honda Mobilio tergolong dalam jenis mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Desain dasar mobil produk terbaru Honda ini diambil dari model Honda Brio. Honda Mobilio diproduksi untuk menyasar segmen LMPV yang merupakan segmen pasar mobil terbesar di Indonesia.
Honda Mobilio. Majalah Otomotif Online
Honda Mobilio.
Honda Mobilio, Siap Mengguncang Segmen LMPV

Honda Mobilio adalah mini MPV tujuh kursi yang diproduksi oleh produsen mobil Jepang Honda untuk pasar domestik pada tahun 2001-2008. Ini adalah versi kedua di Max seri Kecil Honda. Itu juga mengambil Honda Landasan Global Small dan mesin i-DSI mereka. Di antara fitur-fiturnya yang pintu geser yang bisa membuka lebih mudah untuk masuk dan keluar di ruang yang sempit. Itu dijual di Jepang pada dealer Honda saluran penjualan yang disebut Honda Primo. Pada bulan Mei 2008, Honda Freed diperkenalkan, menggantikan Honda Mobilio dan Mobilio Spike. Pada September 2013, Mobilio terlahir kembali dengan bentuk yang berbeda. Sekarang Mobilio didasarkan pada Honda Brio. Unveiled di ke-21 Indonesia International Motor Show, Mobilio baru ini diharapkan dapat selled atas USD 13.500 sampai USD 16.200. Honda Mobilio Spike adalah 1.5L kompak-gerobak yang dirancang dengan kegiatan rekreasi dalam pikiran. Mobilio Spike dirilis di Jepang pada tanggal 19 September 2002 dan merupakan model ketiga Honda di seri Max Kecil. Karena pendekatan pemasaran luar, mobil itu dijual di Jepang di Honda lokasi dealer Verno. Mobilio, menurut Honda, mencapai peringkat tertinggi bahan bakar di kelas kendaraan 7-penumpang, di 17,2 km/L. Semua varian Mobilio Spike memenuhi persyaratan efisiensi bahan bakar dalam negeri untuk tahun 2010. Itu dihentikan pada musim panas 2008 setelah rilis dari Honda Freed. The Mobilio Spike menampilkan area kargo yang luas yang adalah 6,09 ft (1,86 m) dalam dan 3,6 ft (1.10 m) tinggi dan dapat dikonfigurasi dalam 5 mode, modus utilitas, modus lama, modus kembar, modus refresh, dan modus penyesuaian. Seiring dengan konfigurasi kargo yang fleksibel, ada dua pintu geser, satu di setiap sisi. Interior kait penyimpanan tailgate dapat menyimpan sekitar £ 11 (5,0 kg). Mesin VTEC 1.5L dirancang untuk kedua daya dan ekonomi bahan bakar. Jepang Kementerian Perhubungan mengakui Mobilio Spike sebagai "emisi rendah yang sangat baik" kendaraan. Juga ditampilkan dalam Mobilio Spike adalah Honda Multimatic S (CVT). Ini adalah generasi baru Honda CVT dengan modus 7-speed yang menawarkan tiga mode mengemudi: CVT, pergeseran modus otomatis 7-speed, dan 7-speed pergeseran modus manual. Empat-Wheel Drive juga tersedia. The Mobilio Spike menggabungkan G-CON (G-force Control) teknologi Honda, untuk keselamatan kecelakaan ditingkatkan. Kendaraan tubuh dirancang untuk menawarkan perlindungan kepada penghuni di 55 km/jam tabrakan frontal penuh, 64 km/jam depan diimbangi tabrakan, 55 km/jam sisi tabrakan, dan 50 km/jam tabrakan belakang. Honda telah menerapkan sendiri kendaraan-kendaraan tabrakan Program pengujian: 50 % frontal mengimbangi tabrakan dengan kendaraan kelas 2-ton, sedangkan kedua kendaraan bepergian pada 50 km/jam, untuk membantu meningkatkan keselamatan dalam tabrakan dunia nyata. Dalam rangka meningkatkan daur ulang, hampir semua bagian interior-cetakan injeksi terbuat dari resin olefin. Bersama dengan langkah-langkah lain, itu menghasilkan daur ulang kendaraan secara keseluruhan lebih dari 90%.
Setelah cukup lama kabar itu beredar, mobil low multi purpose vehicle (LMPV) Honda yang dulu disebut-sebut sebagai 'Brio MPV' (karena dikembangkan dari basis Honda Brio) akhirnya diperlihatkan. Nama LMPV prototipe ini Mobilio dan ia siap menjadi yang selanjutnya mengguncang segmen LMPV mulai Januari tahun depan. Segmen LMPV yang dahulu hanya diisi oleh Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini memang berkembang pesat dalam waktu singkat. Dalam tempo hanya dua tahun, Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin hadir. Kini sikut-sikutan LMPV diramaikan lagi oleh Mobilio. Segmen LMPV memang segmen terlezat di jagat otomotif Indonesia. "Mobilio penting bagi Honda Indonesia karena kami ingin memasuki pasar yang lebih massal," terang Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) Tomoki Uchida, di IIMS 2013 JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"LMPV berkontribusi 40% dari total penjualan mobil di Indonesia. LMPV diminati semua kalangan Indonesia di semua umur," lanjut Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy.

Menyadari potensi konsumen teramat besar, Honda melakukan penelitian mendalam agar Mobilio sesuai dengan kondisi di Indonesia serta memiliki keunggulan dari saingan-saingannya yang lain. Focus Group Disscussion (FGD), kunjungan ke rumah-rumah konsumen, dan pengukuran luas garasi rumah dilakukan. "Kami datangi kota-kota yang dianggap perlu. Kami melihat kondisi jalan. Mengunjungi diler, sampai mengukur koper," papar Jonfis.

Hasilnya adalah LMPV bermesin i-VTEC SOHC 1.5 L dengan lebar 4,4 m, ground clearance 185 mm, wheel base 2.650 mm, beradius putar 5,2 m. "Lebarnya sesuai dengan area parkir di rumah dan mal. radius putar 5,2 m mudah bermanuver. Ground clearance dibuat tinggi untuk kondisi jalan yang buruk atau banjir setelah hujan deras," jelas Large Project Leader Mobilio Atshushi Arisaka.

Ia mengatakan konsep penciptaan Mobilio adalah LMPV yang 'congkak' (show off), nyaman, lagi tepercaya. "Kami pelajari apa yang konsumen inginkan. Kabin lega, mampu untuk keperluan keluarga, dan bagasi yang cukup besar," paparnya.

Tampilan luar mobil seharga Rp150-180 juta ini juga amat ciamik, dengan garis-garis berkarakter tajam di samping kiri-kanannya. Kabinnya telah dilengkapi AC double blower dengan fitur keamanan yang disebut terlengkap di segmennya seperti kantung udara, pretensioner seatbelt with load limiter, impact mitigating head rest, pedestrian protection, dan sistem pengereman ABS dan EBD untuk tipe transmisi CVT.

lipsus.kompas.com

No comments:

Post a Comment